Kali Tonjong, Ciberung, Ajibarang, Semirip Green Canyon Jika Dikelola

Salah satu sudut sempit dari Kali Tonjong, Desa Ciberung, Ajibarang, Banyumas. Fotonya adalah milik Ugier JSp, jomblo suka petualangan.  

Well, lama nggak menulis trip. Kemarin (26/12/2015), saya dan beberapa teman jalan-jalan ke sekitaran Ajibarang. Lokasinya ada di Desa Ciberung, Kecamatan Ajibarang. Kedatangan kami ke Ajibarang memang sengaja untuk mencari foto seperti yang telah diupload di instagram oleh @zhufry_situmorang (klik di sini )



Dari foto tersebut, nampak aliran Sungai yang berkelok dengan dinding tebing yang tingggi. Bahkan, terlihat aliran air yang lumayan tenang, meski kadang arus bawah yang begitu deras. Otak ini langsung saja kepikiran; "Jangan-jangan lokasi ini potensi untuk wisata alternatif berupa susur sungai mirip-mirip di Green Canyon,". Ungkapan ini langsung kusampaikan ke beberapa teman dan mereka mengiyakan untuk melakukan jelajah ke lokasi tersebut. 

Penuh dengan relief bebeatuan 

Hasilnya, sungai itu malah tepat berada di bawah keramaian kota kecamatan. Tepatnya di bawah Jembatan Kali Tonjong, Ciberung, Ajibarang, Banyumas. Sungguh menjadi sebuah hal yang amat tak terduga (sebelumnya, kami pikir ini ada di daerah pelosok). Kami pun akhirnya memarkir sepeda motor di tepi jalan dan langsung disambut dengan anakan tangga turun ke bawah sungai. Tangga yang sudah permanen dan merupakan milik PDAM setempat.

Waow. Tak menyangka. Kelokan sungai dan batu cadasnya memang pas untuk bermain wisata alternatif. Tapi, harus safety dengan memiliki pelampung, helm, bahkan perahu kecil dan dayung. Sungguh ini menjadi potensi yang sangat bagus. Kami sedikit menyusuri ke hulu dari titik PDAM tersebut. 

jarang dijamah

Dan memang, kelokakan airnya dan tebing yang sungguh sangat elok. Kami beberapa ambil foto. Esok lagi, kami ingin susuri sungai ini dengan kelengkapan yang sudah ada.

Buat pemerintah desa Ciberung, yakinlah bahwa potensi Kali Tonjong sebagai wisata alternatif semirip Green Canyon terbuka lebar.  Tinggal digerakan warga untuk membenahi sisi kanan kiri tebing agar lebih bersih sekaligus membeli peralatan dengan membuat Pokdarwis setempat sebagai pengelolanya.

Sayang sekali kalau potensi semirip Green Canyon sepanjang sekitar lebih dari satu kilometer ini diabaikan.

asli enak nggp jagongan

dibawah jembatan dan jadi ajang memancing

Komentar