Air Terjun (Curug) Tempuhan, Desa Karangtengah, Kecamatan Baturraden, Banyumas

Air Terjun (Curug) Tempuhan, 
Desa Karangtengah, Kecamatan Baturraden, Banyumas

 
    Seketika, tanganku melayangkan reflek. Mengambil handphone di saku celana, mengangkat tas kamera yang telah  setengah terendam di kubangan air terjun Tempuhan, Desa Karangtengah, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Peristiwa itu terjadi saat nafsuku begitu tinggi untuk segera jalan mengitari ngarai air terjun Tampuhan. Begitu sampai di lokasi, hasrat hati langsung menggerakan kaki memutar. Namun, upaya yang 'grasa grusu' itu hampir saja menyebabkan senjata terbaikku (kamera handphone dan canon 1000d) nyaris musnah.

    Perlahan, aku kembali ke lokasi semula. Kembali bersama beberapa teman, Arif 'Ngantuk', Amin 'Bellet', Ali 'Limbad', Untung 'Kumatan', dan Lutfi 'Irung '.  Menata hati untuk memperlambat langkah dan kembali menyatu dengan air terjun yang keluar dari Curug Tempuhan itu.

    Benar saja, selesai menata hati sambil menatap jatuhnya air terjun, langkah kaki dimulai. Secara Perlahan. Dua teman ada dari sisi kanan dan aku dari sisi kiri. Sebelum beranjak, Untung 'Kumatan', satu temanku yang rambutnya hanya separo itu ternyata sudah memutar ngarai yang penuh lumut yang menempel di batu besar.

    Setapak demi setapak dilangkahkan. Hingga, akhirnya kami benar-benar sampai di bawah air terjun. Laksana melihat kayangan dari bawah, air terjun itu nyata mengalir deras seolah dari angkasa. Ngarai dengan tebing yang maha luas itu membuncah hati kami.


Deras diterjang air berikut anginnya mendesir segala tubuh kami. Basah kuyup menjadi hal biasa. Namun, ditengah kedinginan basah kuyup itu, hijau ngarai mampu meredam dingin (yang sebenarnya) terus masuk ke tubuh tanpa dipedulikan. Inilah kami, orang-orang yang sekedar mencari hiburan ke ngarai, air terjun, tebing, dan sungai di Banyumas. Foto di dalam ini, silakan di klik dan disebarluaskan. Pesonakan pesona ini ke seluruh pelosok negeri. (ttg)

NB) Untuk menuju kesana, rutenya melalui : Jalan raya Baturraden Timur (Pertigaan tugu watu naik ke atas)- perempatan kebumen, Kecamatan baturraden- perempatan desa Karangtengah, Kecamatan Baturraden-Belok Kiri - Jalan ke arah (menuju) rumah PLN di Karangtengah-Sampai jalan Habis-Parkir kendaraan. Maka kaki tinggal melangkah ke kanan mengikuti jalan setapak. Sampai di sungai, tinggal mengikuti arus naik/hulu. setengah jam kemudian, sampailah pada keindahan seperti di foto saya.  












      
   

Komentar