Menjaga Lidah yang Bandel Saat Buka Puasa


mari makan

Bagi saya, puasa di tahun 1436 Hijriyah atau tahun 2015 masehi ini adalah melatih kesabaran saat berbuka dan saat sahur. Bukan malah melatih kesabaran menahan lapar dan dahaga. Soal puasa tentang menahan lapar dan dahaga si kecillllllll. (Aduh sedikit sombong ini). Aku yakin semua orang bisa menahan lapar dan dahaga bagi yang sudah baligh loh ya.



***

Oh ya, Puasa itu memang urusan ibadah antara si hambanya dengan pencipta. Mau ngomong  puasa kemudian makan di luar, lalu saat pulang bilang puasa ya bisa. Lalu ikut sahur, kemudian makan pas jam 12 kemudian lanjut puasa juga bisa. Namanya puasa bedug.

Tapi, itu puasanya anak-anak. Anak yang belum baligh. Jadi, puasa yang kayak diatas ya berarti puasanya bocah tua nakal. Ndak boleh ditiru!


Ponakan saya saja yang baru kelas lima es de udah seharian puasa. Padahal ponakan saya masih tetep ditambah dengan aktivitas super yang lari kesana kemari. Nah loh, kagak malu sama Aulia Shofi Az-Zahra, keponakan saya.

Kalau tetep nggak malu ya berarti bocah tua nakal nggak punya kemaluan. Noh...


***


Oke, lanjut soal melatih kesabaran berbuka dan sahur. Baiklah, saya ceritakan dulu latar belakang rumah saya. Ekh latar belakang badan saya.

Badan saya ideal lebih dikit. Wkwk. Tinggi 170an, berat 90 kg. Ups... Semestinya nih.. Idealnya adalah 60-65 kg. Hemhhh.. Jadi sudah bisa mbayangin bobot saya yang hampir swekuintal kan.

Soal makan.. Sebenarnya saya sudah merasakan kenyang ketika sudah habis satu piring. Ingat, satu piring saya adalah satu centong nasi.

Percaya nggak gaes? Kalau percaya sama saya, musyrik namanya. He.

Tapi, saat satu centong nasi berikut lauk yang kira kira beratnya 4 ons sampai setengah kilo itu udah masuk perut, ini lidahlah yang jadi biang keroknya.  masih pengin terus aja mengecap makanan.


Aduhhhhhhh.. Biar saya menghujat lidah sendiri saat nulis ini, saya masih bersyukur loh. Thanks to Allah SWT atas karunia lidah yang bisa menikmat rasa asin, manis, pedas, hambar, dingin, dan linu. Bayangin kalau nggak. Hemhhh..

Saat berbuka puasa itulah ujian sesungguhnya bagi saya. Ujian akan makna puasa. Yaitu mengendalikan diri. Mengendalikan diri untuk tidak membabi hutan. Ekh.. Membabi buta makan..


Batin saya bilang : sabar ya lidah. Sabar lidah. Udah cukup dulu. Udah lidah. Udah deh. Tapi, sambil mengecap mendoan lagi.

Batin : Heh. Sudah koh.

Lidah : Iya, sambil tangan ambil sayur biar lidah bisa mengecap.

Batin lagi : Heh, gue bilangin sekali lagi. Udah. Awas kalau mengecap lagi.

Lidah lagi : Ya udah, akhirnya sambil naruh piring ke belakang sambil ambil nasi dikitttt lagi.

Begitulah peristiwa di awal puasa 1436 Hijriyah kemarin. Efeknya nih. Bikin males bergerak karena kenyang. Bikin males langsung salat taraweh. Bikin males ngapa-ngapain.

Ya nggak? Yang jawab iya, kasih tepok tangan ya.

Karena itu, akhirnya saya sanGat konsentrasi saat berbuka. Konsentrasi biar tidak membabi hutan. Ekhhh.. Membabi buta.  Bagaimana mengendalikan diri saat berbuka.

Tipsnya nih : begitu tong tong bleng. Minumlah air putih tiga gelas. Gelas besar pula. Ya minimal dua gelas besar lah. Abis itu maghriban dan makan. Pas makan, juga diselingi minum. Jangan abisin sepirinh baru minum. Bakalan kenyang banget tuh.
Sunnahnya, minum satu gelas itu buat tiga kali. Bukan minum sekali langung habis. Glek glek glek abis, kayak gentong aja. Harusnya: glek glek istirahat, glek glek ambil napas, glek glek abis deh.

Hanya curhat gitu gaes. Yang soal menahan diri saat sahur lain kali ya. Oh ya, tulisan ini hanya tips saja. Lebih pada curhat saya soal fisik. Soal arti makna sesungguhnya puasa terkait ibadah, itu belajar sendiri-sendiri ya.

See you next time.















Komentar